Budaya Indonesia Timur

by

Budaya Indonesia Timur – Budaya merupakan hasil karya atau peradaban manusia yang tidak kunjung usai dan terus berkembang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Oleh sebab itu dalam perjalanannya dimana nilai-nilai substansial dalam kebudayaan bisa berubah pada skala kecil maupun besar.

Bahkan jika kebudayaan tidak dipelihara dengan baik oleh segenap entitas yang seharusnya bertanggung jawab terhadap kelangsungan nilai yang terkandung di dalamnya. Maka melihat hal ini budaya akan punah atau digantikan dengan embrio kultural yang berpotensi merugikan.

Untuk mempertahankan budaya sebagai sumber energi positif  bukan pekerjaan mudah. Terlebih lagi di lingkungan masyarakat heterogen yang memiliki keanekaragaman karakter setiap kelompok.

Maka dari itu untuk memelihara dan menjalankan budaya harus dilaksanakan dengan bersungguh-sungguh, kemudian berpijak kepada empati dan toleransi yang tidak memunafikkan eksistensi kelompok lain dengan kultur berbeda.

Untuk itu sangat penting membangun komunikasi dalam kebhinekaan. Maka dengan etika dan strategi komunikasi yang tidak menyinggung nilai masyarakat majemuk, maka keanekaragaman di Indonesia Timur khusunya , di Republik ini umumnya tetap terjaga dan upaya untuk mencapai kesejahteraan menjadi lebih terbuka.

Baca juga Budaya Indonesia yang :

  1. Hilang
  2. Dilupakan
  3. Dicuri
  4. Hampir punah
  5. Era Globalisasi

Tag:


%d blogger menyukai ini: